Menggapai keluarga sakinah, mawaddah, warahmah (samara) merupakan cita-cita seluruh pasangan yang telah melangsungkan ikatan resmi pernikahan. Secara bahasa, Sakinah Mawaddah Wa Rahmah artinya tenang atau tentram (sakinah), cinta kasih (mawaddah), dan kasih sayang (rahmah). Ada juga yang mengartikan rahmah sebagai “anak”, yakni buah hati atau keturunan hasil cinta dan kasih sayang kedua orang tuanya. Kesempurnaan sebuah keluarga masih dinilai dengan kehadiran “momongan” atau anak yang didambakan setiap pasangan.

Bagi pasangan yang belum memiliki anak, saat ini tersedia berbagai pilihan program hamil. Program hamil (promil) terdapat beberapa metode, antara lain inseminasi buatan, bayi tabung dan lainnya. Inseminasi buatan tergolong lebih sederhana dan tidak invasif, sedangkan bayi tabung prosesnya cukup kompleks dan invasif. Sebelum melakukan promil, dokter akan melakukan anamnesa (wawancara) dan serangkaian pemeriksaan baik terhadap istri maupun suami agar dapat menentukan metode promil apa yang paling tepat untuk kondisi kesehatan reproduksi masing-masing pasangan.

Inseminasi buatan merupakan prosedur yang dilakukan dokter, dengan memasukkan sperma terpilih ke dalam rahim melalui kateter kecil atau selang khusus. Prosedur tersebut bertujuan mengurangi jarak yang ditempuh sperma untuk mencapai sel telur, sehingga besar kemungkinan terjadinya kehamilan. Apabila proses inseminasi buatan sudah berhasil dengan terjadinya kehamilan, maka perlu ada manajemen khusus untuk menjaga kandungannya, karena kehamilan yang terjadi melalui proses inseminasi buatan rentan terjadi keguguran, dengan cara misalnya membatasi aktivitas agar tidak sampai kelelahan dan stres berlebih.

Hingga kini proses inseminasi buatan pada manusia masih banyak diperdebatkan, terutama dikalangan ulama. Bagi kalangan ahli fikih modern, pembahasan proses inseminasi buatan tersebut mengacu kepada pertimbangan kemaslahatan umat manusia, yang mana kebutuhan untuk memperoleh keturunan bagi suami-istri sudah sangat diperlukan. Hal ini didasarkan pada kaidah al-hajah tanzilu manzilah ad-darurah (kebutuhan yang sangat penting menduduki [diperlakukan seperti] keadaan darurat). Beberapa ulama berpendapat inseminasi buatan pada manusia dibolehkan apabila upaya untuk mendapatkan anak secara alamiah tidak mendatangkan hasil, dan dilakukan pada pasangan suami-istri yang sah dengan menggunakan sperma dari suaminya.

Klinik SAMARA RS Muhammadiyah Tuban hadir sebagai pilihan Solusi para pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Klinik SAMARA menyediakan layanan konseling pasangan, skrining kandungan, analisis sperma, serta proses inseminasi oleh dokter kandungan terlatih. Prinsip layanan yang diterapkan di Klinik SAMARA mengacu pada pertimbangan kemaslahatan pasangan suami-istri. Inseminasi buatan disarankan bila upaya untuk hamil secara alamiah mengalami kendala, terutama kendala medis dari pasangan tersebut. Syaratnya, pasangan yang mengikuti promil merupakan suami istri yang telah menikah secara sah yang tercatat secara agama maupun hukum pemerintah, dan proses seleksi sperma dilakukan dengan cara yang syar’i sesuai tuntunan agama.

Konsultasi pra-nikah dan pra-kehamilan dapat dilakukan di Klinik SAMARA RS Muhammadiyah Tuban yang buka setiap hari dari hari senin sampai hari minggu. Setiap pasangan akan mendapatkan edukasi setiap proses yang akan dilalui, mulai pemeriksaan skrining kesehatan, proses pre-inseminasi, hingga proses post-inseminasi. Skrining kesehatan istri dilakukan dengan pemeriksaan kandungan menggunakan USG TVS 4 Dimensi untuk mengetahui apakah terdapat kelainan di rahim dan jaringan sekitarnya. Sedangkan skrining kesehatan suami dilakukan melalui pemeriksaan sperma menggunakan metode automatic analyzer untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sperma. Melalui metode automatic analyzer sperma menghasilkan gambar full HD dengan menampilkan pergerakan/motility sperma secara aktif, dimana video motility tersebut dapat dilihat secara langsung oleh pasien.

Keberhasilan proses inseminasi salah satunya ditentukan oleh hasil pemeriksaan skrining. Berdasarkan hasil skrining yang telah dilakukan, dokter akan membuat pilihan metode promil yang tepat bagi pasangan tersebut. Klinik SAMARA RS Muhammadiyah Tuban juga menyediakan layanan inseminasi dari dokter yang terlatih. Sebelum dilakukan inseminasi, pasangan promil akan mendapat edukasi setiap proses yang harus dilalui secara terperinci.

Pada akhirnya, proses kehamilan merupakan anugrah terindah yang diberikan Tuhan kepada calon ibu. Sebagai makhluk yang sempurna, sudah selayaknya manusia berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuannya. Namun takdir memiliki momongan merupakan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Wallahu A’lam Bisshawab.

(dr. Thiwit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

Aktivasi dan Mobilisasi Aksi Perbaikan Untuk Kebaikan Pelayanan Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban

May 31, 2024 0 Comments 7 tags

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yg menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna yg menyediakan pelayanan rawat inap, rawal jalan dan IGD Untuk itulah Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban terus berusaha untuk

KOMITMEN RS MUHAMMADIYAH TUBAN

May 30, 2024 0 Comments 8 tags

MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BALITAKolaborasi MENTARI TB For Maternal & Child Health Indonesia merupakan negara dengan penduduk berpenghasilan menengah dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, telah membuat langkah yang

Lowongan Tenaga Teknis Kefarmasian

April 24, 2024 0 Comments 4 tags

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh Salam Sehat untuk kita semua. Hai Sahabat RSM Tuban. Kami membuka kesempatan bagi anda semua untuk gabung menjadi bagian dari kami. Dengan kriteria seperti yang kami cari